BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

"Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya" ( Pesan Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a.)


Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Selamat malam sahabat blogger pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan sebuah artikel sederhana yang berjudul "BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya".

Dari judul artikel di atas kita dapat menyimpulkan bahwa judul artikel "Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya" itu memiliki arti dan makna yang sangat luas bukan. Setiap manusia memiliki keterbatan ingatan masing-masing, Tidak semua ilmu yang kita punya dapat kita ingat hingga tua nanti maka dari itu alangkah baiknya jika ilmu yang kita punya itu di ikat dan di tuliskan ke dalam sebuah wadah agar kelak juga apat bermanfaat buat kita dan orang lain. Agar nantinya semua ilmu yang kita punya itu tidak akan lupa karena sudah di tuliskan ke dalam sebuah wadah baik itu menuliskannya ke dalam buku, atau juga menuliskannya ke dalam sebuah situs website/blog.

Berbicara seputar ilmu, apakah anda sudah tahu pengertian dari ilmu itu? Ilmu memiliki berbagai macam arti yang sangat luas. Dengan banyaknya para ahli bahasa yang ada di dunia, maka saat itulah ilmu memiliki pengertian dan definisi yang berbeda-beda.

Dalam kamus besar, ilmu memiliki banyak arti tersendiri semua berbeda-beda tergantung dari para ahli bahasa yang mendefinisikannya. Menurut Kamus Bahasa, Istilah, dan Secara umum ilmu memiliki definisi yang berbeda-beda juga.

  • Menurut Bahasa : Ilmu berasal dari bahasa arab yaitu (ilmi) yang memiliki arti yaitu mengetahui segala perbuatan dengan sebenar-benarnya. Dalam bahasa latin yaitu (science) yang memiliki arti yaitu tahu, mengetahui atau memahami.



  • Menurut Istilah : Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu yang datang dari Allah SWT, yang diturunkan kepada nabi dan rasul serta alam yang diciptakannya termasuk manusia dan seluruh ciptaanya yang ada di muka bumi. Atau pengetahuan yang sistematis dan bersifat ilmiah.



  • Secara umum : Ilmu adalah proses mengetahui suatu kondisi dengan menggunakan berbagai cara, alat, prosedur dan metode ilmiah lainnya guna menghasilkan pengetahuan ilmiah yang analisis, objektif, empiris, sistematis dan verifikatif.


Menurut Beberapa Ahli Bahasa ilmu di definisikan dengan berbagai macam versi




  • Menurut Pendapat Karl Pearson


    Ilmu ialah keterangan yang konsisten dan komprehensif tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.


  • Menurut Pendapat Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag


    Ilmu ialah umum, rasional, empiris dan sistematik serta serentak.


  • Menurut Pendapat Afanasyef


    Ilmu ialah pengetahuan manusia yang meliputi masyarakat, pikiran dan alam. Selain itu, ilmu mencerminkan alam dan kategori, konsep-konsep dan hukum-hukum, dimana kebenaran dan ketetapannya diuji dengan pengalaman yang praktis.


  • Menurut Pendapat Ashely Montagu


    Ilmu ialah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan dan percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang hal yang sedang dikaji.


  • Menurut Pendapat John G. Kemeny


    Ilmu ialah semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah. Dari pernyataan tersebut dapat dikatakan bahwa ilmu merupakan produk atau hasil dari sebuah proses yang dibuat dengan menggunakan metode ilmiah sebagai suatu prosedur/cara.


  • Menurut Pendapat The Liang Gie


    Ilmu ialah suatu rangkaian kegiatan manusia yang bersifat rasional dan kognitif dengan metode berupa prosedur tertentu sehingga menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala alam, masyarakat, atau keorangan guna memperoleh kebenaran, pemahaman dan memberikan penjelasan.


  • Menurut Pendapat Shapere


    Ilmu ialah mencakup adanya rasionalitas, generalisasi dan sistematisasi.


  • Menurut Pendapat Schulz


    Ilmu ialah mencakup logika, adanya interpretasi subjektif dan konsistensi dengan realitas sosial.


Jadi, ilmu memiliki berbagai definisi masing-masing tergantung dari para ahli yang mendefinisikannya. Akan tetapi ilmu tidak akan bermanfaat jika tidak di amalkan, benar bukan? Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mengamalkan ilmu yaitu :

  • Dengan cara berbagi dengan orang lain dengan langsung mengajarkannya.

  • Dan cara yang kedua ilmu dapat di amalkan dengan cara ikatlah ilmu dengan menuliskannya baik ke dalam buku atau juga bisa menuliskannya ke dalam sebuah website.


Banyak manfaat yang kita dapat jika kita mempunyai ilmu dan menuliskannya yaitu ilmu yang kita punya tidak akan pernah hilang, ilmu yang kita punya juga bermanfaat buat orang lain jika kita menuliskanya.

Jadi, itulah sedikit informasi dari saya tentang ilmu kenapa harus di ikat dengan menuliskannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambahkan wawasan kita semua sekian terimakasih.

BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya
BLOGGER INDONESIA: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya